Subscribe News Feed Subscribe Comments

MENGHINDARI HACKER MASUK KE SISTEM KOMPUTER ANDA

Ketika krisis Ambalat menghangat pada beberapa waktu yang lalu, terjadi pula perang para hacker antara Indonesia dan Malaysia. Mereka saling serang situs-situs pemerintahan, sehingga tampilan di layer jauh berbeda dengan yang semestinya.

Dalam skala kecil, hacker juga sering mengacak-acak komputer kita. Dia misalnya, bisa mengirim email yang isinya Trojan, dan dari situ komputer kita bisa dilacak oleh mereka. File kita bisa dirusak, nomor identitas dan juga password bisa dicuri, serta data-data penting juga bisa dicuri.

Apa sich hacker itu? Menurut Internet User Glossary, hacker adalah seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer, atau jaringan komputer.

Apakah hacker perusak? Belum tentu yang namanya hacker itu berarti penjahat IT. Jenis-jenis hacker sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

1. White Hat Hacker Istilah dalam bahasa inggris White hat yaitu: memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

2. Black Hat Hacker Istilah dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.

Nah, mungkin hacker-hacker yang sering menghantui sistem komputer seseorang dan sering membuat kerusakan di dalamnya adalah black hacker. Karena orang lebih sering mengidentikkan hacker dengan penjahat IT, maka yang dimaksud di sini adalah black hacker.

Banyak orang yang masih menyamakan hacker dan cracker. Keduanya memang mirip, jago menerobos komputer pihak lain. Tapi dari tujuan yang ingin dicapai, keduanya memiliki perbedaan yang sangat prinsip. Hanya memang yang kemudian menjadi nama generik untuk perusak komputer adalah hacker.

Hacker bisa merupakan perseorangan ataupun kelompok. Mereka selalu tergoda untuk menerobos system keamanan dari system operasi suatu komputer. Namun, mereka tidak merusaknya, melainkan hanya menaklukkan sistem keamanan tersebut demi kepuasan sendiri, bahkan terkadang mereka memberitahukan kelemahan keamanan sistem tersebut.

Sementara untuk cracker, mereka memiliki kegiatan yang hampir sama dengan hacker. Bedanya mereka masuk untuk “merusak” target yang mereka taklukkan seperti memalsukan isi database, mengkopi isinya dan menggunakannya secara ilegal, mengacak-acak file, dsb.

Batas antara hacker dan cracker memang sangat tipis. Seorang hacker yang seringkali tergoda untuk melakukan tindakan kriminal,karena secara kemampuan teknis memungkinkan, maka dia sudah menjadi cracker. Meskipun memang ada para hacker sejati yang sepenuhnya mengabdikan diri untuk kebaikan.

Belakangan ini kecenderungan para hacker tidak hanya masuk ke perusahaan atau pemerintahan. Mereka mulai gemar masuk ke komputer pribadi di rumah-rumah tinggal. Saat ini yang menjadi sasaran empuk untuk dibobol adalah data keuangan pribadi, password jaringan, atau nomor rekening bank. Bahkan mereka bisa menggunakan PC Anda di rumah untuk melancarkan serangan pada perusahaan atau badan pemerintahan.

Ada beberapa cara untuk menghindari para hacker, di antaranya adalah hati-hati dalam men-download sesuatu dari internet, termasuk jika ada kiriman lewat email. Kemudian juga dengan firewall, yang bisa berupa software maupun hardware. Sekalipun memang itu tidak menjamin seratus persen.

Firewall merupakan sebuah teknologi yang dapat mencegah penyusup yang masuk lewat jaringan internet atau sistem jaringan lainnya yang akan mengakses data atau aplikasi pada komputer Anda. Cara kerjanya adalah menolak data atau transmisi yang tidak diotorisasi masuk ke dalam sistem Anda.

Pada prinsipnya firewall akan mempelajari setiap paket data yang dikirim dari atau ke komputer Anda dan melihatnya apakah sesuai dengan kriteria yang diberikan. Firewall kemudian menyeleksi paket mana yang bisa lewat atau yang harus diblok tidak boleh masuk. Tapi hati-hati, jika konfigurasi firewall salah, hacker dengan mudah bisa masuk.

Celakanya memang, para hacker atau juga para cracker terus selalu mengasah kemampuannya. Sehingga antara mereka yang suka membobol terjadi kompetisi terselubung yang terus menerus. Jadi sekalipun Anda sudah menggunakan pengaman, tetap perlu hati-hati.


Cara kerja

Beberapa contoh cara kerja hacker :

SPOOFING : Bentuk pemalsuan di mana identitas pemakai disamarkan/ dipalsukan.

SCANNER : Program yang mampu mendeteksi kelemahan sebuah komputer di jaringan lokal atau di jaringan dengan lokasi lain.

SNIFFER : Kata lain dari Network Analyzer berfungsi sebagai alat untuk memonitor jaringan komputer. Alat ini dapat dioperasikan hampir pada seluruh tipe protokol pada Ethernet, TCP/IP, IPX, dll.

PASSWORD CRACKER : Program ini dipakai untuk membuka enkripsi password atau sebaliknya, tetapi sering digunakan untuk mematikan sistem pengamanan password.

DESTRUCTIVE DEVICE : Sekumpulan program antivirus yang dibuat khusus untuk menghancurkan data-data, di antaranya, E-mail Bombs, dll.



Tips dan cara penanggulangannya

Berikut tips yang saya kumpulkan dari beberapa situs agar menghindarkan PC Anda dari gangguan hacker dan sejenisnya :

1. Jangan sering masuk ke situs porno, karena situs seperti ini sangat tidak aman dan sering disusupi oleh Spyware.

2. Jangan pakai IE; kalau bisa pakai firefox, jangan install apapun yang ditawarkan [termasuk java applet]
(IE lebih parah daripada firefox, karena kadang bisa auto-install; firefox setidaknya akan memberi tahu jika ada applikasi yang akan diinstall)

3. Kalo masih juga kena, maka kunjungilah www.download.com kemudian download program spyware doctor yang merupakan freeware alias gratisan tapi ampuh sekali membunuh spyware. bisa juga gunakan Microsoft Anti-Spyware beta...
> lebih ampuh utk problem dengan IE
> lavasoft ad-aware juga bagus (dan gratis - www.lavasoft.de)
> terus juga ada Spybot Search & Destroy (cari di google aja...)

> tapi dengan mengganti browser saja yang lebih bagus (firefox, opera)
> biasanya problem spyware bisa dikurangi hingga 80-90%...
> tapi kalau usernya cukup 'dummy' utk click yes for everything, wah, itu
> namanya you deserve to be spywared! :)

4. Rajin-rajin update anti virus kita.
Berdasarkan pengalaman, anti virus yang paling aggresive updatenya itu Sophos... :) tapi memang semua antivirus harus di update; antivirus paling canggihpun tidak akan bekerja dengan optimal kalau tidak diupdate.

5. Untuk yang sering diserang Hacker, sering-seringlah ubah IP address Anda, agar para hacker keblinger untuk mengejar Anda karena setiap kali Anda mengganti IP address berarti seperti mengubah KTP Anda.




(Pelbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

 
TNB | Distributed by Deluxe Templates